Sharing: Yuk, Mengenal PCOS

Remarks: Postingan yang lebih cocok dibaca wanita

Sejak remaja, siklus datang bulan saya agak seperti mainan yoyo — bisa teratur, terus nanti skip, terus teratur lagi, abis itu teraturnya selalu selisih (jadi nggak bener2 ngepas). Juga selalu sakit kalo lagi datang, sampe mami harus jemput di sekolah di mana tangan saya udah keringetan dingin karena cramp. Pas saya umur 21-22an, saya sadar suatu hari pas lagi buka notebook kalau saya belom datang bulan 3 bulan sodara2 (karena saya rajin nyatetin tanggalnya tiap bulan, buat referensi kalo2 perlu ke dokter–dokter saya pas SMA bilang ini penting banget untuk dicatat). Setelah periksa2 ke dokter dan sebagainya, sayapun didiagnosis punya polycystic ovarian syndrome (PCOS).

Saya mau share tentang ini karena banyak banget orang yang belum begitu tahu. Temen saya aja pas denger kata ‘kista’ langsung heboh dan kirain saya sakit berat atau kenapa2. Atau salah satu teman yang merasa karena masih muda, telat datang bulan pun biasaaaaa katanya. Terus ada juga yang emoh pergi periksa karena alasan2 semacam image, takut merusak organ kewanitaan sebelum menikah dan sebagainya. Padahal pemeriksaan untuk mencegah kalo kita sadar ada yang gak beres itu penting — pas liat2 forum gak sedikit wanita2 yang baru sadar mereka punya PCOS setelah mereka menikah dan bingung, kok gak hamil2 ya.

Saya sendiri kaget karena pas saya research, kebanyakan gejala lainnya itu seperti diabetes (kadar insulin tinggi), kegemukan, dan banyak bulu2 halus seperti cowok walaupun nggak seekstrim itu. Dan saya nggak ada tuh semua itu — dan ternyata saya punya PCOS. Jadi gejala2 umum ini nggak mutlak dan mengikat. Oleh dokter saya dikasih Pil KB biasa supaya siklus jalan lagi dan kista2 kecilnya menghilang — dan nanti kalau udah siap mau mencoba punya keturunan saya akan mulai terapi dengan metformin. Bisa aja sih sekarang, tapi mahal, repot dan belum perlu juga meningkatkan kesuburan sekarang. Jadi nggak ada ya mitos2 seperti yang saya denger dari temen2 saya, kalo pil KB itu bikin gak subur atau menghancurkan image wanita. Sebelum ada yang salah paham, Pil KB saya ini diresepin sama dokter dan wajib untuk dikonsumsi supaya siklus lancar dan kista gak muncul lagi, dan tipenya juga khusus buat perempuan yang punya hormonal imbalance.

PCOS merupakan kondisi di mana terdapat kista kecil pada ovarium (indung telur). Kondisi ini mengakibatkan terjadinya gangguan keseimbangan hormonal pada wanita. Menurut penjelasan dokter saya yang paling ringkas dan gak ribet, kalo wanita normal itu ovulate (masa subur) 10 kali dalam setahun, siklus kesuburan wanita PCOS hanya setengahnya atau mungkin malah kurang. Di dalam indung telur terdapat kantung folikel, yang mengandung sel telur. Pada siklus menstruasi, indung telur melepaskan 1 sel telur. Proses ini dikenal dengan istilah ovulasi. Pada kasus PCO, sel telur dalam folikel tidak matang sehingga tidak dilepaskan oleh indung telur (tidak menstruasi). Akibat dari kondisi tadi, sel-sel telur yang tidak matang akan membentuk kista yang sangat kecil di dalam indung telur.

Penyebabnya belum diketahui dengan pasti walau dokter2 yakin ini soal genetik, dan biasanya muncul di usia 20-30 tahun. Untuk informasi lengkap dan cara2 mengatasinya dengan alami bisa ke website PCOS diva. Atau ke sini ada guide lengkap tentang penanganannya — karena nggak bisa diobati tuntas. Suka banget karena inspirational dan saya jadi tahu banyak tentang makanan apa yang mesti dihindari!

Stay healthy girls 🙂

Advertisements
30 comments
  1. Ya ampun mar… Kita mirip lhooo… Gue juga menstruasinya tuh nggak teratur (setahun tuh paling cuma 4-5 kali aja), tapi nggak pernah sakit sih kalo lagi dapet gitu. Itu udah bertahun-tahun sih. Nahhh akhirnya kemaren gue beraniin ke dokter buat di cek. Ternyata di indung telur gue folikelnya dempet2 gitu, makanya menstruasinya nggak teratur. Dia bilang sih nggak masalah dan nggak harus segera di obati, kecuali gue udah mau punya anak. Trus gue bilang, tapikan gue maunya normal gitu menstruasinya. Akhirnya dia nawarin pake pil KB, tapi gue masih mikir-mikir. Ehhh… akhirnya dikasih obat alami gitu dari ekstrak monk’s pepper. Trus nanti mau di cek hormonya juga. Kalo nggak ada yang berubah baru di suruh minum pil KB. Gue juga baru tau ternyata pil KB itu justru kayak terapi hormon gitu ya…

    Dokternya juga bilang kalo sebenernya gue nggak perlu terlalu kuatir, banyak cewek yang kayak gitu. Tinggal mau langsung di obati atau nunggu sampe kalo pas udah mau punya anak baru di seimbangin hormonnya. Thx ya websitenya nanti gue baca2 🙂

    • Ohyaa… PCO juga bukan sih itu? Iya pil KB sih jujur aja bikin gw seneng haha karena datengnya ngepas kaya kalender, cuma sebentar, gak sakit, muka jadi mulus. Gue juga sebelom memutuskan pake research2 dulu karena di Indo kan imagenya jelek gt… ternyata nggak juga, malah bisa ngurangin resiko kanker. Waktu itu cysts gue udah banyak dan perlu dikurangin secepatnya sih makanya gue setelah research gue iya-in aja ampe skrg ga ada masalah.

      Iya baca aja beneran banyak infonya, dari harus ngurangin gula, produk kedelai, gluten (ini yang paling susah hahaha) dll.

      • Dia nggak bisa sih namanya apa. Dokternya cuma ngejelasin kenapa menstruasi gue siklusnya bisa lama kayak gitu. Iya… gue juga ragu2 mau minum pil kbnya, karenakan harus di minum tiap hari ya… Trus di indo juga imagenya jelek. Hehe… Jadinya pas dia bilang mau nggak nyoba yang ekstrak tumbuhan itu dan gue langsung iya-in dulu. Hehe.. Nanti kalo udah keluar hasil tes hormonya baru deh di pertimbangin lg gimana step berikutnya.

        Waaa… ngurangin gluten gimana caranya orang kerja di pabrik roti?? Hahaha…

      • Mungkin ini bisa ngebantu http://dokita.co/blog/polycystic-ovary-syndrome-pcos/ pil KB tu kayanya kita gede d indo imagenya jelek banget ya haha padahal coba deh u research manfaatnya banyak juga. Website Indo ini juga nyaranin Pil KB buat siklus menstruasi. Gluten gue juga gak bisa jadi banyakin yang lain aja and kurangin gula deh hahaha

      • Iya… Di indo emang imagenya jelek. Bahkan ke gynecologist buat yang blom nikah rasanya masih aneh ya… Gue malah diomelin baru skrg ke gynecologist, karena harusnya rutin setaon 1-2 kali.

        Iya kalo kurangin gula sih gue bisa, tapi kalo gluten susah… Hehe…

      • Iya itu dia kayak gue bilang di atas — kaya temen gue udh tau gak bener dia gak mau periksa, takut kenapa2 karena belom kawin *gubrak* untungnya nyokap gw parno penyakit gt jd dia bilang mencegah n tau dr awal lebih baik drpd image2an trs sakit ga ketahuan… iya gw juga rutin sih dulu tp krn sekarang normal jadi nggak serutin dulu hehe

      • Haha… tapi namanya juga demi kesehatan ya 🙂 Thx ya infonya mar…

  2. terus treatment apa yg lu lakukan sekarang Mar? selain hidup sehat tentunya.

    • Nggak ada treatment khusus Fe, karena belom perlu. Biasanya sih ya yang gue tangkep dari bacaan n penjelasan dokter, terapi pake obat dan fertility specialist mendingan kalo udah mau punya anak — karena ntar kalo copot terapi ya balik lagi juga PCO-nya karena ini syndome, bukan penyakit yang bs disembuhin gt lho… jadi terapi2, hamil, nanti kl mau hamil terapi lagi. Sekarang sih gue manage symptomsnya aja secara ga ada cysts lg untuk sekarang ovary gue aman 🙂

  3. Oooo aku baru tahu gimana kista itu bisa terbentuk. Informasi ini penting lho buat perempuan muda yang baru dapat menstruasi, sayangnya disini gak ada pelajaran untuk kesehatan reproduksi.

    • Iya tapi ini cuma buat polycysts aja Mba Ai kistanya hehe kalo yang gede aku kurang tau gimana terbentuknya

  4. Wah aku baru tau ada yg seperti ini. Terima kasih banyak atas infonya. Ini berguna banget, aku bisa kasih tau temenku ada yg siklus menstruasinya kurang teratur…

    • Iya kebanyakan orang yang aku tau sih taunya nanti pas udh lama gitu krn ga periksa… moga2 temennya baik2 aja ya 🙂

  5. joeyz14 said:

    wahhh perlu dibaca adek gue nihhh… tq mar…*soalnya dese kayak kamu..mens ga teratur*

    • Hehehe suruh adek periksa ke dokter Jo… kalo bukan ini masih banyak lagi penyebab mens ga teratur.

  6. Felicia said:

    Mar, gw juga PCOS dan 2 anak gw hasil metformin dan femara…hehehe… 😀
    Gw baca2 juga kalo punya PCO itu ada resiko keguguran lebih tinggi dari orang normal dan itu terjadi ama gw 2x, makanya waktu hamil terakhir untuk 3 bulan pertama udah dikasih obat penguat kandungan plus aspirin untuk mencegah kekentalan darah.

    Dulu waktu SMA di indo udah pernah cek ke OB yang mens ga teratur, dia bilang cuma stress gitu2 lah, jadi gada diagnosa PCO. Waktu disini cek ketauan PCO trus diresepin metformin karena emang kita udah siap punya anak. Untungnya PCO gw masih mild, nilainya melenceng dikit dari normal jadi terapi metformin dan femara udah cukup. Ada temen gw yang PCO sampe insem dan bayi tabung juga. Tapi intinya biar PCO masih bisa punya anak cuma emang ga segampang orang normal aja.

    Sekarang gw masih ga teratur, tapi kata OB gw gpp asalkan dalam setaon mens minimal 4x, kalo kurang dari itu mesti dikasih obat buat keluarin mens karena kuatirnya di dalam numpuk bisa jadi pemicu kanker.

    Yang penting emang jaga kesehatan yah, gw sekarang juga jaga makanan apalagi gw pencinta manis, mesti atur2 demi kesehatan diri sendiri 🙂

    • Aweeee iya dokter gw juga bilang ga ush takut dll. Sampe skrg sih gw tenang2 aja karena thanks to Pill KB mensnya lancar keluar jd ga numpuk… pas baru periksa and di USG gt numpuk kistanya 😦 untung skrg udah lancar and keluar. Lu obese n insulin tinggi ga Fel itungannya? Gw nggak jadi dokternya bilang mungkin ga usah metformin… hrs coba yg lain?

      • Felicia said:

        Gw pake metformin waktu ttc (trying to conceive) doank Mar, kalo femara itu untuk stimulate ovulasinya. Selesai lahiran udah ga minum lagi. Pas rencana mo nambah anak ke-2 ya minum metformin lagi, selesai lahir udah stop.

        General cek up gw selama ini normal semua untuk insulin. Waktu hamil terakhir gw kena gestational diabetes, tapi abis lahiran dicek udah balik normal lagi dan terakhir bulan juni kemarin cek up juga semua normal. Udah dikasih tau dan wanti2 mesti jaga makan, soalnya kalo pernah gestational diabetes ada kemungkinan bisa kena diabetes nantinya.

        Kalo berat emang belon balik pre-pregnancy, masih nyangkut bbrp kg nih. Tapi so far masih masuk BMI normal, apalagi gw gampang banget naik kalo ga dijaga. Makanya sekarang bener2 jaga makan plus olrag 🙂

      • Oh ic! Iya dokter gue juga nyaranin kalo mau punya baby mendingan sekitar 6-12 bulan sebelomnya cari dia and kita bs copot pill gw n liat hormonnya gimana dari sana. Tapi gw mah masih tenang2 aja soalnya merid aja belom haha. Lu ketauan PCOS dari kapan Fel, trs pas nggak lagi TTC pake pill ga buat regulate mensnya?

      • Felicia said:

        Gw ketauan PCO setelah keguguran yang pertama. Jadi hamil pertama alami (ga pake metformin dkk) tapi keguguran, trus 1 th kosong cuma mens 2x itu pun 2 hr udah selesai dan dikit doank. Gw ke dokter dan disuruh USG baru ketauan PCO, direfer ke OB dan sekalian kita ttc dikasih metformin dan femara itu.

        Selesai lahiran anak 1 dan sekarang ga pake apa2 Mar, secara OB gw bilang asal dalam setaon min. 4x mens udah bagus. Sekarang siklus gw balik jaman gadis sekitar 1.5-2 bulan gitu deh, jadi udah lebih dari 4x juga.

      • Oh icicic nice info banget nih Ci Fel, nanti kalo bertahun2 lg gw mau punya baby gw tanya2 elu yah 😀

  7. yance said:

    Wahh infonya berguna banget nih buat cewe2…penting! Nice sharing Mar

    • Hehe thanks Cie, emang aku ngerasanya banyak yang nggak tau dan anggap ini masalah ‘nanti aja’ padahal cepet ketauan lebih baik.

  8. Banyak bgt ya masalah cewek2 dibagian itu. Semoga sehat2 aja ya kita semua. Infonya bagus bgt Mar

    • Hooh Mba, dulu aku juga naive gt kan mana kepikiran sih ada gini2an. Trs tapi skrg bersyukur udh tau awal biar nantinya nggak kaget atau udah kelamaan jadi numpuk bisa memicu kanker katanya.

    • Thank youuuu 🙂 Iya gw ngerasa banyak yang nggak tau tentang ini jadi boleh lah dishare karena gw ngalamin sendiri

  9. Maya said:

    Oooo itu namanya PCOS ya. Dulu gue juga mens gak teratur, dan sakiit banget tapi kata dokter itu karna ada hormon yang gak balance aja. Dan sama dikasih pil KB juga. Baru ngeh gue itu PCOS, dokternya ga infromatif nih :/

    • ALohaaaa baru sadar ad comment di sini May 🙂 Iya namanya Polycystic Ovary. Tapi pasti nggaknya lu mendingan tanya dokter laen May… soalnya komplikasi idup jangka panjangnya lumayan loh, kaya lebih rentan diabet misalnya hehehe 🙂

      • Maya said:

        ooo gitu ya, iya deh nanti bakal di cek mendetail Mar. Soalnya belakangan siklus haid juga jadi agak ngaco jadi emang waktunya konsul dokter deh. Thanks ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: