Sehari-hari, Makan Apa?

Begitu kira-kira pertanyaan Mami kepada saya.

Saya bukan tipe istri seperti Mami dulu, yang rajin masak beberapa lauk sekaligus (ada yang kuah, goreng dan tumis) untuk makan di meja makan. Karena pulang kerja sudah petang, saya maunya makan yang cepat saja. Tapi harus bergizi, penuh nutrisi… dan pastinya harus enak! Dan saya termasuk orang yang rewel soal penampilan makanan. Kalau kelihatannya asal tubruk, saya nggak bakalan makan dengan nikmat hahaha… makanya dari kecil kalau makan Mami nggak pernah menyendokkan makanan ke piring anaknya yang satu ini saking si anak bawel kalau makananannya disendokkan dengan ngasal. Urus sendiri deh! Beda dengan kakak saya yang demen kalau piringnya udah tinggal makan saja pokoknya.

Karena sedang musim dingin, harga sayuran pun tinggi; mau masak oseng oseng tumisan a la Asia, deuh sayurnya agak mahal dan sedikit. Tunggu deh nanti musim semi kalau mau makan gitu-gitu dengan ekonomis. Saya memang sedang berusaha dan mencoba untuk makan lebih seasonally, belanjaan sayur tergantung yang di musimnya supaya bisa mengirit (dan tentunya jatah tuh sayur yang lebih besar, makanannya bisa banyak untuk makan malam plus makan siang sekaligus).

Jadi kayak apa sih menunya kita sehari-hari bulan terakhir ini?

Sirloin steak, mashed potato (kentang tumbuk) dan tumisan kale plus wortel. Karena dagingnya dibeli dengan harga spesial hari itu sepiring ini kira-kira NZ$7 πŸ™‚ buat saya hap hap hap sekali makan aja, nggak ada sisanya! Kalau teman serumah makan, dagingnya disisakan lalu dicampur ke saladnya untuk makan siang esok.

Pie ayam dan sayuran (chicken and leek pie — resep sudah diposting di sini), menu ini juga menghangatkan badan secara minggu terakhir cuaca di Auckland amburadul (dingin banget, angin kayak es lalu saya tengah malam bangun karena hujan es nabrak-nabrak kaca kamar tidur tuh esnya). Terus ekonomis juga karena dengan harga bahan sekian si pie sangat mengenyangkan, sisanya untuk makan siang dan ada dua potong sisa yang saya masukkan freezer kalau kami butuh bekal makan siang darurat di masa depan.

Di atas ini ceritanya bekal makan siang saya dan M untuk dibawa ke kantor. Saya beli daging sapi cincang yang lagi diskon, dibagi dua. Setengahnya dijadikan patty/bola daging dan disajikan dengan telur rebus dan sisa sayur-sayuran dari beberapa makan malam sebelumnya. Jadi deh makanan baru. Lalu setengahnya lagi saya masak dengan pasta dan sayuran. Lumayan banget lho, bawa bekal seperti ini karena beli makanan di luar untuk makan siang kira-kira pukul rata bisa habis $10 atau lebih sekali beli (soalnya kalau mau murah, beli sandwich mana kenyaaang apalagi dingin begini). Berdua jadi $20an deh… bandingkan dengan si daging cincang yang harganya hanya $4.50, jadi 4 porsi makan siang πŸ™‚

Bola-bola ayam dan wortel yang saya buat menggunakan food processor. Enak, murah, hasilnya banyak… dibawa ke rumah teman untuk potluck, sisanya saya sisihkan dan sajikan dengan nasi dan sayuran untuk bekal makan siang.

Minestrone soup, isinya sisa-sisa sayuran (lagi!) yang belum dimasak di kulkas, kelihatannya menyedihkan jadi campur aja deh dengan bacon, tomat dan pasta. Resepnya ada di siniΒ dan si sup ini menghangatkan banget, lho! Selain ekonomis, enak dan mengenyangkan si sup juga oke dimasukkan ke freezer untuk dibekukan… kalau sakit dan malas masak (atau memang alasan aja lagi malas masak) bisa dipanaskan dengan cepat.

Bakso buatan sendiri… makannya pakai mangkok ayam. Suedaaaaaap…! Bakso saya buat 1 kg sampai pegel tuh tangan mentol baksonya sendirian, lalu saya bekukan dan pisahkan beberapa porsi kuah untuk dibekukan. Mau makan tinggal dipanaskan saja. Praktis, enak di kala dingin dan mengobati kangen Indonesia pastinya.

Laksa buatan sendiri. Ini juga enaaaak… pas membuatnya saya sempat was was takut nggak jadi, maklum belum pernah membuat laksa dari nol sebelumnya. Ternyata hasilnya enaaaaaaak dan menghangatkan (plus bikin nangis karena saya pakai sambel banyak). Sisa kuah lagi-lagi saya bekukan hahaha, kalau mau makan lagi tinggal hangatkan kuahnya saja dan hadirkan pernak-pernik segar (ayam, sayuran, telur rebus dan bihun).

img_6982

Di atas ini lagi-lagi saya mengkaryakan sisa makanan… hahaha. Saya dan M makan keluar dan porsi dagingnya banyak banget jadi kami gak bisa habiskan. Saya bungkus, bawa pulang dan hadirkan kembali dengan penampilan berbeda. Sisa daging saya potong-potong dan tumis bersama bumbu dan sayuran yang nemu di kulkas, sajikan dengan nasi putih. Enak dan ekonomis!

Sekian postingan iseng-iseng saya kali ini, semoga pada gak bosen lihat foto makanan ya πŸ™‚

13 comments
  1. aq ngences sama postingan mu ini mariska πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

  2. Arman said:

    Makanan makanan nya menggiurkan… Terutama steak nya… πŸ™‚

    • Hahahaha iya daging sapi di sini emang menggiurkan dan harganya masuk akal Man πŸ™‚

  3. kalo cuaca dingin yg berkuah2 tuh lbh menggodah..bakso..laksa..tp makan daging2an jg bagus sih lama kenyangnya hehe

    • Iya kl makan kuah2 kurang sayurnya gitu rasanya Mbak, soalnya sedapnya pake mie hahahaha atau bihun πŸ™‚

  4. Pypy said:

    Makannya terlihata sehat dan menggiiurkan yaa Mar.. Rekues resep bola2 ayam dong πŸ˜€

    • Bola2 ayamnya gampang banget Py, daging ayam cincang campur telur, wortel serut, bawang putih, bawang bombay, Thai red curry paste, daun bawang, kecap ikan, tepung sagu — pakai food processor dan diicip2 aja kurang rasa apa. Biasa kl kurang gurih kutambahin lada bubuk dan kecap asin juga πŸ™‚

  5. kenapa postingan ini gak muncul di feed readers gua ya.. haha..

    I wish gua bisa campur masakan buat makan siang besoknya kayak loe.. Tapi makanan gua sama aja sih Mar, dari hari ke hari cuma tukar dagingnya aja wkwkwkwk.. lagi dingin gini, gak kuat kalau si ian suruh makan kuah2 gitu.. terbalik dia..

    • Hahahaha gue kl digituin doank jg gak mau kan gw rewel kl laki gw gak rewel dia apa aj dimakan. Makanya gw olah lgi biar gak keliatan kayak makanan sisa πŸ™‚

      • hehehe.. gua kok bingung mau olah lagi, yah udah makan apa adanya aja wkwkwk..

Leave a Reply

